Proyek Miliyaran vs Proyek Desa

Nature



Proyek Miliyaran vs Proyek Desa

Jumat, 18 Oktober 2024, Oktober 18, 2024


faktaliputan.com Langkat
Dinas PUTR Kabupaten Langkat telah menetapkan pengerjaan proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2024 dengan judul Long Segment (Pemeliharaan Berkala Peningkatan/Rekonstruksi) Ruas jalan SP. Jln Negara-SP. Sendayan Kecamatan Babalan-Tematik 04 (DAK) yang dilaksanakan oleh CV. YASHA dengan alamat Jl. Pendidikan nomor 1 Pantai Gemi Kecamatan Stabat dengan nilai anggaran Rp14.135.200.000.

Dalam proses pengerjaan, pelaksana proyek diduga telah melewati jalan desa yang bertepatan juga ada proyek desa berupa plat deker. Alhasil, plat deker tersebut menjadi rusak akibat dari kendaraan pengangkutan yang melintas. Hal tersebut pernah dikeluhkan warga kepada pengawas proyek tersebut terkait solusi terbaiknya.

Terkait dugaan di atas, awak media mencoba konfirmasi kepada PPK proyek tersebut di kantor dinas PUTR. Saat ditanyakan perihal tersebut dengan menunjukkan foto kerusakan proyek desa tersebut yang diakibatkan proyek yang DILAKSANAKAN oleh CV. YASHA PPK mengatakan bahwa titik lokasi pengerjaan yang difoto tidak sesuai dengan koordinat yang ada dan menghimbau agar awak media kembali untuk ambil foto yang sesuai. Namun tidak mau menjawab perihal kerusakan plat deker akibat proses pengerjaan proyek dana DAK tersebut.

Menanggapi hal diatas, salah satu aktivis di Langkat Ade Tanjung, Ketua Umum FORUM MAHASISWA REFORMASI  SUMATERA UTARA (FORMASI SUMUT) angkat bicara "kita minta dinas PUTR tidak tutup mata terkait proyek Long Segment tersebut, apabila ada oknum dinas yang coba-coba main mata, maka kami meminta Kejatisu untuk memeriksa siapapun yang terlibat di dalam proyek tersebut, baik dari pihak rekanan maupun oknum-oknum dinas PUTR Langkat." Tutupnya.

Senada dengan hal diatas, BAKORCAB FOKUSMAKER Langkat juga mengatakan " Itu hal biasa bang di sini, kami juga menduga bukan hanya itu saja yang bermasalah, berdasarkan LPSE saja agak ganjil bg. Penawaran tertinggi bisa menjadi pemenang tender, walaupun selalu ada jawaban terkait persyaratan dan mekanisme proses tender Namun tetap menjadi cerita lawak-lawak bagi yang mendengar. Namun itu semua azas praduga tak bermasalah masing-masing bang." Tandasnya.(Redaksi)

TerPopuler