Dinas PUPR Tulungagung Melalui Unitnya Wilayah Kota Kerjakan Pemeliharaan 4 Jembatan

Nature



Dinas PUPR Tulungagung Melalui Unitnya Wilayah Kota Kerjakan Pemeliharaan 4 Jembatan

Jumat, 04 Oktober 2024, Oktober 04, 2024


Faktaliputan.com
Tulungagung - Pemeliharaan 4 titik lokasi jembatan kini tengah dikerjakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) wilayah Tulungagung.

UPT PJJ Wilayah Tulungagung merupakan salah satu unit dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tulungagung.
Dimana tugasnya mempertahankan kondisi jalan dan jembatan mantap dengan melakukan kegiatan pemeliharaan rutin jalan dan jembatan. Dalam terapannya pemeliharaan rutin jembatan meliputi perawatan bangunan bawah dan bangunan atas jembatan serta pembersihan area sekitar jembatan.

Kepala UPT PJJ wilayah Kota M. Arif Wicaksana mengatakan pemeliharaan beberapa titik lokasi jembatan di wilayah kerja UPT PJJ wilayah Kota menjadi fokus utama dalam waktu dekat ini, Diantaranya 4 lokasi jembatan tersebut yang dilakukan pemeliharaan yakni Jembatan selatan UNITA, Jembatan Desa Gesikan, Jembatan kembar Desa Gondosuli dan Jembatan Kelurahan Panggungrejo.

"Bulan ini kami fokus untuk merampungkan pemeliharaan atas 4 titik jembatan yaitu Lokasi jembatan UNITA keselatan, Jembatan Gesikan, jembatan kembar Gondosuli dan jembatan SMPN 4 keselatan kelurahan panggungrejo," ucapnya.

Selain Pemeliharaan jembatan, perbaikan jalan berlubang juga terus dikerjakan, tercatat pada bulan Agustus UPT. PJJ wilayah Tulungagung telah berhasil menyelesaikan sekitar 60 persen titik lokasi jalan berlubang di wilayah kerjanya.

Kemungkinan sampai saat penyelesaian pengerjaan jalan berlubang yang telah dianggarkan dalam satu tahun sudfah mencapai lebih dari 70 persen.

Kemudian Arif menyampaikan pentingnya rutin menjaga jembatan untuk tetap dalam kondisi baik dikarenakan jika terjadi kerusakan selain beresiko besar pada masyarakat yang melintas,  perbaikan yang dilakukan akan memakan waktu lama sehingga bisa mengganggu jalannya perekonomian, juga menelan biaya yang sangat besar.

TerPopuler