ARINDA UNIGRAHA WAKILKAN BABEL DI PEMILIHAN PEMUDA PELOPOR KEMENPORA RI 2024 BIDANG PENGELOLAAN SDA, LINGKUNGAN, DAN PARIWISATA

Nature



ARINDA UNIGRAHA WAKILKAN BABEL DI PEMILIHAN PEMUDA PELOPOR KEMENPORA RI 2024 BIDANG PENGELOLAAN SDA, LINGKUNGAN, DAN PARIWISATA

Selasa, 01 Oktober 2024, Oktober 01, 2024

Pangkalpinang, fakta liputan,com-
Pemuda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Arinda Unigraha Utama terpilih sebagai Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bidang Pengelolaan SDA, lingkungan, dan Pariwisata tahun 2024.

Pemilihan Pemuda Pelopor diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Provinsi Kep. Babel.

Setelah terpilih, Pemuda yang aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan hidup dan pariwisata ini ditinjau oleh Tim Kementrian Pemuda dan Olahraga RI dalam kegiatan Factfinding, untuk melihat kebenaran dan fakta sebagai calon pemuda pelopor. 

Dari hasil penilaian Tim Verifikasi KEMENPORA RI, Arinda ditetapkan sebagai calon Pemuda Pelopor Tingkat Nasional berdasarkan Surat Pemanggilan Calon Peserta KEMENPORA RI. 

Arinda akan diberangkatkan pada pemilihan Pemuda Pelopor Nasional pada 7-10 Oktober mendatang, dengan dampingan dari Tim Disparbudkepora Prov. Babel dan Tim Dindikpora Bangka.

Budiyanto yang merupakan Tim Fact Finding KEMENPORA RI menyampaikan "Arinda mempunyai peluang yang bagus untuk melaju ke tingkat Nasional, setelah kami turun ke lapangan kami melihat banyak sekali program kepeloporan yang dikerjakan selama ini, bahkan bukan hanya di bidang SDA, lingkungan, dan pariwisata. Ia juga aktif dalam berbagai program bidang lainya seperti keagamaan, sosial, budaya, pendidikan, bahkan kewirausahaan, dan teknologi di tingkat desa. Terlebih semua stakeholder lokal yang hadir dalam Fact Finding memberikan kesaksian atas kerja keras Arinda selama ini, serta mendukung menjadi Pemuda Pelopor Nasional. Kita doakan saja Arinda mendapat predikat yang baik  dalam Pemilihan Pemuda Pelopor ini."

Kepala DISPARBUDKEPORA Prov. Kep. Babel, Widya Kemala Sari pada saat FactFinding menyampaikan bahwa "Arinda merupakan sosok yang luarbiasa, sosok panutan anak muda Bangka, jarang ada pemuda seperti ini, yang aktif dan berkontribusi nyata membangun masyarakat. Walaupun usianya masih muda, tapi prestasinya sangat banyak dan luar biasa, bahkan telah mewakili pemuda Babel di beberapa event Nasional dan Internasional dalam bidang kepeloporannya, seperi GPRDD, WFF, dan lainya. Ia juga ternyata berperan dalam kegiatan kepariwisataan dan pengelolaan SDA, bahkan diamanahkan sebagai Koordinator Relawan FORDAS Babel. Tahun lalu juga sudah mendapatkan Penghargaan sebagai Pemuda Berprestasi Tingkat Provinsi. Kami sangat bangga dan sangat mendukung Arinda yang kami nilai layak untuk menjadi Pemuda Pelopor Nasional."

Rozali, SH. selaku Kepala Dindikpora kab. Bangka menegaskan bahwa Arinda Unigraha adalah utusan terbaik Pemuda Pelopor dari Kabupaten Bangka, "Ananda Kita ini, kami usulkan karena memang mempunyai kiprah yang luarbiasa di bidang kepeloporannya, Ia telah mendirikan dan konsisten memimpin komunitas BECAK-Babel selama 9 tahun lebih. Komunitas ini memang memiliki banyak program kegiatan yang berdampak baik bagi generasi muda dan masyarakat, terutama di bidang Lingkungan dan Pengolah Sampah. Arinda bersama komunitasnya kerap kali mengedukasi sekolah, kampus, hingga masyarakat desa untuk dapat mengelola sampah secara mandiri. Jarang sekali ada pemuda seperti ini di Bangka, yang pedulinya sangat tinggi terhadap sampah"

Arinda Unigraha membenarkan bawah dirinya dinyatakan lolos verifikasi untuk menuju Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional tahun 2024.

Pendiri Komunitas Peduli Lingkungan, Pariwisata, dan SDA BECAK BABEL itu menyampaikan, "Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, terutama Dinas terkait seperti Disparbudkepora Prov Babel dan Dindikpora Kab. Bangka yang telah memfasilitasi. Saya memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Bangka Belitung agar dapat mengharumkan nama daerah dalam pemilih nanti. Semoga Allah memudahkan dan memberi yang terbaik".

(Eqi)

TerPopuler