RSUD dr. Iskak Berhasil Raih Juara I Pitselnas 2024

Nature



RSUD dr. Iskak Berhasil Raih Juara I Pitselnas 2024

Jumat, 16 Agustus 2024, Agustus 16, 2024


Faktaliputan.com||Tulungagung - RSUD dr. Iskak Tulungagung menyabet Juara I lomba video inovasi di forum Pertemuan Ilmiah Tahunan dan Semiloka Nasional (Pitselnas) tahun 2024 di Jakarta Convention Center, Senin (06/08/2024).

Mengusung tema inovasi Sistem Manajemen Aset (SIMANSET) yang merupakan inovasi pengelolaan aset terintegrasi, video yang diproduksi tim kreatif Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD dr. Iskak dinyatakan terbaik dan menjadi Juara I.

“Setelah melalui penjurian yang ketat, video yang kita produksi ditetapkan sebagai juara pertama. Ini prestasi yang membanggakan RSUD dr. Iskak dan masyarakat Tulungagung,” kata Humas RSUD dr. Iskak, Mochamad Rifai.

Ia mengatakan, kemenangan ini bukan hanya karena kualitas video yang bagus, tetapi juga presentasi inovasi SIMANSET oleh dr. Wahyu Sita Wardani, M.Ked.Klin, Sp.KFR selaku Sub Koordinator Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak, sekaligus leader Tim. Hadir pula Kepala Instalasi Pemeliharaan Sarana, Kabib Abdullah, Amd.TEM, SKM, M. Kes. yang mendampingi dr. Wahyu Sita.

Kemenangan ini, menurut Rifai, juga dilatarbelakangi iklim kerja yang kondusif di bawah kepemimpinan Plt. Direktur RSUD dr. Iskak, dr. Zuhrotul Aini, Sp.A, M.Kes.

Seperti diketahui, inovasi SIMANSET mengaplikasikan pengelolaan aset secara terintegrasi. Mulai dari planning, pengadaan, verifikasi, pencatatan, layout, pergudangan, pemeliharaan, sistem informasi aset, serta monitoring dan evaluasi. Melalui SIMANSET juga dapat melakukan pengambilam keputusan dalam pengelolaan aset.

SIMANSET juga membuat pelayanan aset lebih efisien, mengurangi pemborosan atau kerugian dan mencegah hilangnya aset serta mecegah konflik karena asset.

Inovasi ini hadir untuk menjawab masalah tingginya luasan area dan jumlah sarana yang dipelihara, jumlah tenaga yang terbatas, kegiatan pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan dan perbaikan masih manual, rendahnya capaian respon time terhadap permintaan perbaikan sarana, serta pemeliharaan yang tidak dapat terlaksana tepat waktu.

Tak heran jika dewan juri di bawah koordinasi Ketua Komunikasi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Dr. dr. Sutoto, M.Kes., FISQua, CRP, CHt, CH.Med, MQM, MPM mengganjar kemenangan bagi RSUD dr. Iskak. (fer/hms)

TerPopuler