RA Kardina Massa Kota Blitar, Gelar Bimtek Layanan Pendidikan Inklusi

Nature



RA Kardina Massa Kota Blitar, Gelar Bimtek Layanan Pendidikan Inklusi

Rabu, 10 Juli 2024, Juli 10, 2024


Blitar faktaliputan.com - Sebagai upaya peningkatan kopetensi tenaga pendidikan dan non pendidikan, RA (Raudlatul Athfal) Kardina Massa Kota Blitar menggelar bimbingan teknis (bimtek) Layanan Pendidikan Inklusi,pada Rabu (10/7) pagi.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan guru yang tergabung dalam Ikatan Guru Raudhatul Athfal atau IGRA Kota Blitar tersebut mengundang Dra.Rachmi Aida, M.Pd, PWA Provinsi Jatim Majelis Paud Dasmen sebagai  narasumber.

pengawas jenjang RA (Raudhatul Athfal) Mubarokah,S.Pd dalam kesempatanya mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan, bimbingan dan keterampilan bagi GPK (Guru Pendamping Khusus) dan kepala sekolah penyelenggara sekolah inklusi untuk dapat menyusun dan melakukan assesment pendidikan bagi ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dan membangun sistem koordinasi dengan sesama guru dan kepala sekolah serta orang tua peserta didik.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya agar supaya guru-guru di sekolah inklusi bisa mengidentifikasi dan mampu menangani pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus sehingga mendapat pendidikan dan hak yang setara,” ungkapya.

Lanjut,"untuk kedepannya setelah kegiatan ini, saya berharap RA  (Raudhatul Athfal) Kardina Massa mampu menjadi lembaga pendidikan yang mampu menerapkan dan melaksanakan yang tlah diterima hari ini,"tutup pengawas Jenjang RA Kota Blitar

Sementara itu Kepala RA (Raudhatul Athfal) Kardina Massa, Miati Alfin S.Pd dalam keteranganya menyampaikan, kegiatan yang didkuti oleh para undangan dari berbagai RA di lingkup Kota Blitar berjalan dengan baik  dan lancar serta berharap agar segala bentuk informasi tentang apa itu pendidikan Inklusif, supaya para pendidik dan semua pihak yang berperan dalam mendidik tidak salah mengartikan apa itu yang dimaksud dengan Inklusif. 

“Karena inklusi itu bukanlah sebuah hal yang harus dijauhi atau dikucilkan. Pendidikan Inklusi bertujuan untuk melihat anak-anak peserta didik yang memiliki kemampuan lebih atau sedikit berbeda cara penerima pemamahan pendidikan dengan peserta didik yang biasa,” jelas Alfin.

"tujuan dari bimtek ini dilaksanakan untuk mewujudkan sekolah inklusif yang dapat mengakomodasi dan mendampingi pengembangan diri anak-anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajarannya dengan berbagai pendekatan yang dihadirkan,tutup Kepala RA Kardina Massa. (fdy)

TerPopuler