Polda Jatim Gelar Road Show "Generasi Emas Produktif Tanpa Narkoba".

Nature



Polda Jatim Gelar Road Show "Generasi Emas Produktif Tanpa Narkoba".

Rabu, 31 Juli 2024, Juli 31, 2024

Blitar faktaliputan.com - Dengan mengambil Tema "Generasi Emas Produktif Tanpa Narkoba"  Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) gelar Road Show, bertempat di Auditorium KH Ahmad Dahlan GKB 3 lt 5, Rabu (31/07/2024).

Kegiatan yang diikuti lebih dari 1000 siswa dan 500 guru SMA/SMK/ Sederajat yang ada di Jawa Timur, seperti Malang, Mojokerto, Blitar, Jombang, Pasuruan, dan lainnya berjalan seru dan lancar.

Acara yang dihadiri oleh  Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Drs Imam Sugianto Msi, Dirresnarkoba Polda Jatim Kombes Pol Robert De Costa SIK MH, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Christian Tobing SIK MH Msi, Kepala BNN Sidoarjo, Kepala Bankesbanpol Sidoarjo, KBB NK Sidoarjo dan juga Kepala Dinas Pendidikan se-Jawa Timur tersebut dibuka dengan opening penampilam tari sidoarjo.

Dalam sambutanya Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Drs Imam Sugianto Msi yang mengatakan bahwa penting bagi semuanya untuk memastikan generasi muda tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang sehat dan bebas dari ancaman narkoba.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa tindak pidana narkoba merupakan kejahatan transnasional sehingga menjadi ancaman serius terhadap keamanan dan kemakmuran suatu negara,” ujar Kapolda Jatim.

Menurutnya, yang kerap menjadi sasaran empuk bagi para sindikat narkoba adalah mereka yang menduduki usia produktif yang merupakan generasi penerus bangsa. Dan Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang cukup rentan akan kasus ini, yaitu sebanyak 2061 kasus dengan 3731 tersangka sejak Januari hingga Juni 2024. Jumlah tersebut naik cukup banyak dibandingkan dengan tahun lalu yaitu 1900 kasus.

Melihat keadaan yang memprihatinkan itu, Polda Jatim membuat Roadshow anti narkoba yang dilaksanakan secara rutin selain melakukan penyelidikan tentang narkoba. Roadshow ini dilaksanakan selama lima kali dalam satu tahun. Dan kegiatan yang dilakukan di Umsida ini adalah bagian kedua

“Alhamdulillah antusiasme kegiatan hari ini sangat bagi, terlebih para civitas akademika dari banyak sekolah. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa setidaknya membantu, sekaligus kita membentuk kelompok kerja kolaboratif, yaitu dari petugas aparatur (Polda beserta jajarannya) dengan civitas akademika termasuk stakeholder terkait untuk bersama-sama memerangi tindakan narkoba dan mencegah dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba,” tutupnya.(fdy)

TerPopuler