Pastikan Berjalan Lancar, Polsek Wonotirto Amankan Tradisi Larung Sesaji 1 Muharram 2024

Nature



Pastikan Berjalan Lancar, Polsek Wonotirto Amankan Tradisi Larung Sesaji 1 Muharram 2024

Selasa, 09 Juli 2024, Juli 09, 2024

Blitar faktaliputan.com Masyarakat pesisir pantai selatan tepatnya di wilayah Pantai Tambakrejo
Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Provinisi Jawa Timur melaksanakan upacara adat tradisi Labuh Laut (Larung Sesaji) yang digelar tiap tahunnya sebagai ungkapan wujud syukur kepada Allah SWT atas berkah yang diberikan selama ini.

Dengan adanya kegiatan tersebut Polsek Wonotirto Polres Blitar bersinergi bersama Koramil 0808/09 Sutojayan dan Pos TNI AL menerjunkan anggota untuk bantu pengamanan jalannya kegiatan larung sesaji di Pantai Tambakrejo yang menyita perhatian ribuan orang, Selasa (9/7) Pagi.

“Beberapa anggota personel kami berjaga bersama anggota Koramil dan TNI AL di beberapa titik. Hal ini untuk menjaga situasi pelaksanaan kegiatan larung sesaji dapat berjalan lancar,” ungkap Kapolsek Wonotirto Akp Supriadi.

Lebih lanjut, Kapolsek menjelaskan, Bagi masyarakat pesisir Kabupaten Blitar, tradisi larung sembonyo bisa dikatakan adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan mata pencaharian mereka. Gunungan tumpeng yang dilarung ke tengah laut merupakan perwujudan rasa syukur para nelayan Tambakrejo akan hasil tangkapan yang didapat.

“Kami berharap dengan adanya upacara adat larung sembonyo ini bisa menjaga tradisi dari leluhur. Selain itu juga bisa meningkatkan pariwisata serta perekonomian masyarakat sekitar,” tandasnya.

Di lokasi tampak ribuan pasang mata menyaksikan prosesi arak arakan tumpeng raksasa hasil bumi hingga proses larung sesaji ke laut bebas. Usai melaksanakan semua prosesi, para warga yang hadir melaksanakan kegiatan memanjatkan doa bersama sekaligus sebagai penutup kegiatan.(fdy)

TerPopuler