Kukuhkan Anggota Ambalan, SMKS PGRI 4 Blitar Gelar PTA

Nature



Kukuhkan Anggota Ambalan, SMKS PGRI 4 Blitar Gelar PTA

Jumat, 19 Juli 2024, Juli 19, 2024

Blitar Faktaliputan.com - Menguatkan pelaksanaan program kerja Dewan Ambalan periode 2024/2025, Pramuka SMKS PGRI 4 Blitar menggelar kegiatan kepramukaan yaitu Penerimaan Tamu Ambalan (PTA), Jumat (19/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di area lingkungan SMKS Pgri 4 Blitar tersebut diikuti para peserta didik kelas X. PTA kali ini mengambil tema ‘Membangkitkan Jiwa Kemandirian, Disiplin, Bertanggung jawab, serta Menumbuhkan Sikap Sopan Santun’.

Tema tersebut diambil karena saat ini masih banyak generasi muda yang sudah memiliki kemandirian, tetapi tidak memiliki jiwa kedisiplinan, tanggung jawab dan sopan santun.

Penguatan ilmu kepramukaan, diisi melalui pemberian materi sejarah kepramukaan dunia dan Indonesia. Selain itu, diisi pula dengan kegiatan jelajah dan pembuatan peta pita, sedangkan penempuhan badge dan pelantikan, dilakukan pada waktu dini hari dan diselingi bimbingan mental.

“Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan karakter peserta didik. Pada bagian upacara pelantikan, yang mengartikan bahwa peserta didik kelas X telah diterima di Ambalan,"ungkap Joeni Krisnawati

Lebih lanjut dia memaparkan bahwa rangkain kegiatan ditutup dengan outbond, memiliki tujuan utama sebagai sarana rekreatif bagi peserta,secara tidak untuk menguatkan karakter peserta didik sebagai bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Karakter P5 yang dikuatkan antara lain melatih kekompakan, kerjasama, dan pantang menyerah dalam berusaha.

Lanjut," Joeni Krisnawati  berharap dari kegiatan PTA tahun 2024 ini, peserta didik kelas X akan menjadi pribadi yang berkarakter dan mandiri.

“Sesuai dengan visi pendidikan Indonesia, yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila,” tutup Kepala Sekolah SMKS Pgri 4 Blitar. (fdy)

TerPopuler