Wujudkan Anak Didik Berkarakter Akhlakul Karimah SMPN 02 Kandat gelar Parenting

Nature



Wujudkan Anak Didik Berkarakter Akhlakul Karimah SMPN 02 Kandat gelar Parenting

Rabu, 19 Juni 2024, Juni 19, 2024

Faktaliputan.com
Kediri - Peningkatan kualitas interaksi dan komunikasi positif antara sekolah dengan orang tua, dalam mewujudkan kualitas anak didik yang berprestasi dan berkarakter diperlukan keselarasan mendidik anak di sekolah dengan di rumah.

Hal ini sangat disadari pihak SMPN 02 Kandat Kabupaten Kediri untuk membangun hubungan yang harmonis antara pihak Sekolah, orang tua dan murid. Maka SMPN 02 Kandat menggelar kegiatan Parenting bagi para guru, orang tua dan murid perkelas mulai dari tanggal 11 juni sampai 15 juni 2024.

Dalam arahannya Kepala SMPN 02 Kandat  menyampaikan pentingnya kegiatan parenting untuk dilaksanakan agar tercipta sebuah kolaborasi antara pihak pendidik dengan orang tua dalam memotivasi menumbuhkan dan meningkatkan karakter peserta didik menjadi tertib disiplin dan mempunyai Aklakul karimah.

’’Kegiatan ini kami laksanakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan orangtua siswa. Sehingga tercipta kolaborasi dengan orang tua, dalam motivasi dan meningkatkan karakter anak lebih tertib, disiplin dan ber-Aklakul karimah,"  ujarnya.

Selanjutnya, Ibu Insiyah atau kerap kali dipanggil (Bu in), juga memberikan edukasi kepada orangtua tentang bagaimana membangung alur komunikasi yang efektif di sekolah serta menghindari jika adanya kesalah pahaman orangtua siswa dan pihak sekolah.

“Seperti jika anak-anak punya keluhan punya masalah di sekolah bisa menyampaikan melalui wali kelas, kemudian jika wali kelas tidak bisa diselesaikan maka diarahkan ke Bimbingan konseling dan jika hal ini juga tidak bisa diselesaikan baru kemudian antara pihak sekolah dan orangtua sehingga tidak terjadi kesalapahaman antara pihak dan orangtua," jelasnya.

satu dari sejumlah wali murid SMPN 02 Kandat mengatakan melalui program ini wali murid punya wadah untuk menyalurkan aspirasi dan keluhan terkait proses belajar anak. Sehingga terjalin komunikasi yang baik antara wali murid dengan guru di sekolah.

“kami jadi tau seperti apa anak kami di sekolah, begitu pula dengan guru jadi tahu bagaimana anak di rumah, sehingga orang tua jadi tahu bagaimana cara mendidik anak yang baik di rumah,” terangnya.

TerPopuler