Diskominfo Kumpulkan OPD Input Data

Nature



Diskominfo Kumpulkan OPD Input Data

Selasa, 30 April 2024, April 30, 2024
RILIS PERS
FKtalioutan.com
Hari/Tanggal : Selasa/ 30 April 2024 

Manggar, Diskominfo SP Beltim – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Belitung Timur menggelar Sosialisasi Kebijakan Satu Data Indonesia (SDI). Diskominfo Beltim selaku Wali Data menargetkan sebelum Pemilihan Kepala Daerah, 27 November 2024 mendatang seluruh data rampung. 
Pada kegiatan yang dimulai, Senin (22/4/24), lalu itu seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku produsen data di Kabupaten Beltim diajarkan tata cara input data ke Portal SDI. Diharapkan setelah mengikuti sosialisasi produsen data dapat melakukan pembaharuan data secara terus menerus. 
“SDI itu mudah diucapkan namun susah untuk diimplementasikan. Mengingat seluruh aktor-aktor penyelenggara SDI, antara lain: produsen data, sekretariat data, walidata dan pembina data harus berkolaborasi,” kata Kepala Diskominfo SP Beltim, Bayu Priyambodo saat menutup Kegiatan Sosialisasi di Ruang Rapat Diskominfo SP Beltim. 
Saat ini jumlah data yang terkumpul dari produsen data masih minim. Padahal ketersediaan data itu penting untuk menunjang pembangunan dan sebagai dasar untuk penyusunan perencanaan dan pengambilan kebijakan. 
“Selama ini data itu masih tersimpan di masing-masing OPD, namun begitu kita gelar alhadulillah data mulaui masuk. Hingga saat ini data sudah terintegrasi dalam satu portal, dan yang masuk ke portal telah mencapai lebih kurang 230-an tabel data” ungkap Bayu.
Bayu yang didampingi Kabid KIPS, Bustari menegaskan meski sudah memperoleh peningkatan jumlah data, namun Pembaharuan atau updating data merupakan keniscayaan. Apalagi sekarang ini Pemerintah Daerah dan Pusat sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). 
Sumber data yang ada di portal SDI pusat dapat dipergunakan dan menjadi dasar untuk menyusun dokumen RPJP maupun RPJM. Sehingga pembangunan di daerah dan pusat akan selaras. 
“Harus di-update. OPD mana yang datanya masih bolong kita dampingi, kendalanya apa saja. Pokoknya sebelum Pilkada usai semua data sudah siap, agar nantinya Bupati dan Wakil Bupati terpilih dapat meramu kegiatan dan kebijakan untuk pembangunan di Kabupaten Beltim,” ujar Bayu. @2!

TerPopuler