Penggerakan Kelompok Masyarakat Dalam Rangka Germas UPTD Puskesmas Gesi

Read Time:2 Minute, 1 Second

SRAGEN_Faktalioutan.com –
Giat penggerakan kelompok masyarakat dalam rangka germas UPTD Puskesmas Gesi, Kabupaten Sragen. Selasa (21/06/2022).
Hadir dalam acara. Ormas Nu, ormas fatayat, ormas muhamadiyah, aisyiyah, MTA, LDII, Wong Gesi Bisa (WGB), Gereja Sidomulyo, masing masing 2 orang, dan perwakilan ketua karangtaruna desa masing masing 1 orang. Acara yang berlangsung, Pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara Fina SKM.
Ucapan selamat datang oleh dr Diany Apriasanti Kepala Puskesmas Gesi. Selamat datang atas kerawuhanya bpk ibu smuanya dalam menghadiri undangan kami, tetap semangat dan semoga kita semuanya selalu sehat amin.
Dr. Diany Apriasanti menyampaikan, latar belakang germas dalam lima tahun terakhir ini terjadi pergeseran pola penyakit, jika dulu penyakit menular merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan. Saat ini bergeser penyakit tidak menular yang memiliki proporsi utama 57 persen dari total kasus. Hal ini merupakan fenomena yang terjadi pada Negara berkembang seperti indonesia,”tandasnya.
Germas adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.
Tujuan Germas adalah kesehatan terjaga dan meningkatkan produktifitas, biaya berobat berkurang, lingkungan bersih. Bentuk kegiatan germas adalah melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, konsumsi buah dan sayur setiap hari, melakukan cek kesehatan rutin, tidak merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol, menjaga kebersihan lingkungan, menggunakn jamban sehat, pemanfaatan pekarangan dan peningkatan konsumsi makanan bergizi seimbang dan aman, pemberian Asi Eklusif pada bayi,”imbuhnya.
Dilanjutkan senam relaksasi oleh karangtaruni desa Blangu Ananda Shofia Sabila, Rohmatunisa yang saat ini masih sekolah di SMA Negri 1 Sukodono Sragen.
Didik perwakilan dari ormas WGB menanyakan, Bagaimana caranya untuk mengatasi balita tidak stunting, kedua oleh perwakilan relawan NU, mohon pencerahan terkait dengan clas ibu hamil dan posyandu balita,”tandasnya.
Sulastri SKM, Menerangkan motifasi motifasi ormas adalah merupakan mitra kerja dalam bidang kesehatan,selama covid ini ormas ormas sangat tinggi rasa peduli dan perjuangannya dalam menurunkan angka covid,dan ormas garda terdepan dalam smua program untuk meningkatkan pelayanan dipuskesmas.
Diharapkan dari ormas mari kita adakan kegiatan cek kesehatan yang merupakan salah satu bentuk dari giat germas mari kita lakukan bersama sama agar visi misi puskesmas gesi terwujud, sekaligus mari kita infokan kepada lapisan masyarakat bahwa RSUD tangen mulai bulan ini sudah dibuka, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan lebih dekat dan lebih cepat,”pungkasnya.
Acara demi acara telah selesai marilah acara ini kita tutup dengan bacaan hamdalah bersama sama semoga kita semua selalu dilindungi alloh swt amin amin. (Hendro)

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%
Previous post Menyambut Hari Bhayangkara Ke 76, Polresta Deli Serdang Anjangsana Kerumah Purnawirawan Polri Dan Bhakti Sosial Ke Panti Asuhan
Next post Pertandingan Badminton TNI-Polri Digelar, Kapolda Sumut : Semoga Semakin Kompak
%d blogger menyukai ini: