Antisipasi Arus Balik, Kemenhub Siagakan KN. Mengkara Layani Rute Bira – Selayar Secara Gratis

Read Time:1 Minute, 12 Second

Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), akan mengerahkan Kapal Negara (KN) Kenavigasian Mengkara sebagai salah satu armada bantuan untuk arus balik mudik di wilayah Sulawesi Selatan. Adapun puncak arus balik diperkirakan terjadi mulai 5 – 8 Mei 2022.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Capt. Hermanta, menjelaskan bahwa penggunaan Kapal Negara dilakukan guna menyikapi tingginya animo masyarakat terhadap penggunaan kapal laut dari Pelabuhan penyeberangan Bira – Selayar, Sulawesi Selatan sebagai sarana transportasi arus balik mudik Lebaran 2022.

Hermanta pun telah melakukan tinjauan langsung ke Dermaga Kapal Negara Distrik Navigasi Kelas I Makassar pada Kamis (5/5) kemarin untuk memastikan kesiapan KN Mengkara sebagai armada yang akan digunakan untuk perbantuan angkutan arus balik Lebaran 2022 dari pelabuhan penyeberangan Bira menuju Selayar.

“Aspek keselamatan dan kenyamanan masyarakat yang menggunakan kapal KN. Mengkara harus tetap diutamakan, dan seluruh masyarakat yang menggunakan kapal ini untuk arus balik tidak dipungut biaya,” ujar Capt Hermanta sebagaimana dikutip InfoPublik pada Jumat (6/5/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dukungan Kapal Negara untuk mengantisipasi lonjakan arus balik ini merupakan tindak lanjut arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang disampaikan dalam rapat monitoring melalui virtual bersama para Kepala UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada 2 Mei 2022 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Menhub Budi menginstruksikan kepada Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Selayar agar berkoordinasi dengan Kepala Kesyahbandaran Utama Makassar dan Kepala Distrik Navigasi Makassar terkait dukungan kapal negara sebagai perbantuan angkutan arus balik Idul Fitri 1443 H / 2022. (*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

redaksi (245)

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Satu pelaku pengeroyokan di Lampung Timur serahkan diri ke polisi.
Next post Hadapi Arus Balik Lebaran, Kapolri Pastikan Polisi Berikan Layanan Maksimal